Fans Page On Facebook

Beberapa Hal Yang Haram Dilakukan Oleh Yang Tidak Berwudhu Apabila Berhadats Kecil

Menyentuh mushaf Al-Qur’an karena Rasulullah mengatakan di dalam suratnya yang beliau kirimkan kepada penduduk negeri Yaman “Tidak boleh menyentuh Al-Qur’an selain orang yang suci.” . Adapun membaca Al-Qur’an dengan tidak menyentuhnya maka hal itu boleh dilakukan oleh orang yg berhadats kecil.

Mengerjakan shalat. Orang yang berhadats tidak boleh melakukan shalat kecuali setelah berwudhu terlebih dahulu karena Rasulullah bersabda “Allah tidak menerima shalat yang dilakukan tanpa wudhu.” . Boleh bagi orang yang tidak berwudhu melakukan sujud tilawah atau sujud syukur karena keduanya bukan merupakan shalat sekalipun lebih afdhalnya adalah berwudhu sebelum melakukan sujud.

Melakukan thawaf. Orang yang berhadats kecil tidak boleh melakukan thawaf di Ka`bah sebelum berwudhu karena Rasulullah telah bersabda “Thawaf di Baitullah itu adalah shalat.” . Dan juga karena Nabi berwudhu terlebih dahulu sebelum melakukan thawaf.

Referensi : 1. Al-Qur’an Al-Karim dan Al-Hadits Kutubus-Sittah.2. Diadaptasi dari “Tuntunan Shalat Menurut Al-Qur’an & As-Sunnah” Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin.3. Al-Adzkaarun Nawawiyyah Muhyiddin Abi Zakaria bin Syaraf An-Nawawi.4. Fiqhus-Sunnah Sayyid Sabiq.5. Shalat Empat Mazhab ‘Abdul Qadir Ar-Rahbawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar